Solusi Atasi Keyboard Laptop Atau Notebook Yang Rusak

Saat ini , pekerjaan kita banyak dibantu oleh sebuah perangkat teknologi , baik itu berupa smartphone , ataupun PC / Komputer atau Laptop.

Solusi Atasi Keyboard Laptop Atau Notebook Yang Rusak


Namun , apakah anda pernah mengalami , perangkat yang kita harapkan mampu membantu , justru mampu menjadi kendala , lantaran salah satu fitur hardware dari perangkat tersebut rusak dan tidak berfungsi.

Saya yakin , yang pertama kali difikirkan yaitu pergi ketukang service dan sudah terbayang berapa nantinya biaya yang akan dikeluarkan.

Hanya menyebarkan pengalaman , saya dulu pernah memiliki Notebook merk Toshiba Seri NB 205 , yang bermasalah pada beberapa tombol di keyboard.

Awalnya , beberpa aksara dan angka saja yang tidak berfungsi , namun lama-kelamaan , justru beberapa fungsi tombol tertukar , dan parahnya ada tombol yang sepertinya menekan secara otomatis.

Akhirnya , saya bergegas ketukang service laptop , lumayan ketika itu saya harus merogoh kocek dalam-dalam , karena harus mengganti keyboard yang rusak , dengan biaya pembelian keyboard Rp 200.000 ,- dan biaya pemasangan tukang servicenya sekitar Rp 100.000 ,-

Berdasarkan pengalaman pada kasus yang dialami Notebook saya itu , saya tertarik untuk mempelajari banyak sekali komponen wacana keyboard.

Dengan impian , kedepan saya mampu memperbaiki sendiri atau bahkan mampu membantu orang lain untuk memperbaikinya.

Dan pada kesempatan kali ini , saya menyebarkan Solusi Keyboard Laptop Atau Notebook Yang Rusak , dengan niatan semoga anda yang kebetulan keyboard laptop atau notebooknya rusak dan tidak berfungsi ibarat yang saya alami , anda tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikannya.


Ciri-ciri Keyboard Laptop / Notebook Yang Rusak

Sebelum saya bahas apa ciri-ciri keyboard laptop atau notebook yang rusak , saya ingin jelaskan terlebih dahulu , apasih keyboard itu? 

Emang penting? Penting , semoga nda mampu lebih memahami langkah-langkah dan solusi yang akan saya bagikan.

Perlu dicatat , Keyboard yaitu komponen hardware pada sebuah perangkat , yang berfungsi memasukkan data/ kode simbol tertentu (baik berupa aksara , angka dna lain sebagainya).

Dari segi fisiknya , Keyboard terbagi menjadi dua jenis , yakni keyboard pada mesin ketik , dan keyboard pada slain mesin ketik. Apa bedanya?

Perbedaan mendasar dari kedua jenis tersebut ada pada output yang dihasilkan , jikalau pada mesin ketik output atau hasil kode tidak mampu dihapus , beda halnya pada keyboard selain mesin ketik , khususnya mkomputer ataupun laptop.

Pengguna mampu dengan mudah merubah , atau bahkan menghapus kode yang mana perubahannya tertuang dalam sebuah layar , dan tidak pada layar.

Perbedaan lain , pada keyboard mesin ketik , kita tidak temukan beberapa fitur ibarat F1 , F2 hingga delete dan lain sebagaianya , dan fitur-fitur tersebut ternyata terpasang rapi pada keyboard komputer atau laptop.

Nah , berkenaan dengan Keyboard komputer atau laptop , alat penghubung atau connector yang digunakan , biasanya menggunakan kabel yang terpasang pada port PS/2 atau USB , dan terbaru ada keyboard yng menggunakan wierles atau tanpa kabel.

Nah , semoga penjelasan diatas sedikit mampu memberi pemahaman kepada anda wacana pengertian Keyboard. Selanjutnya apa ciri-ciri Keyboard Laptop / Notebook yang rusak?

Ciri-ciri Kerusakan Ringan

Ketika ada aksara pada tombol yang tertukar , misalnya aksara "S" menjadi aksara "R" , dan sebaliknya. Kerusakan ibarat ini biasanya ketika kita menggunakan keyboard eksternal.

Solusi Kerusakan Ringan Pada Keyboard Laptop

Tekan tombol fn pada keyboard laptop dan jangan dilepas , bersamaan dengan menekan tombol yang tidak berfungsi.

Perlu ditegaskan disini , terjadinya pertukaran fungsi tombol ini mampu disebabkan algoritma atau kode berubah , lantaran sebelumnya menggunakan keyboard eksternal. 

Jika Solusi diatas tidak mampu , maka error ini disebabkan kode windows yang rusak , maka anda mampu lakukan instalasi Operasi Sistem baru.

Ciri-ciri Kerusakan Sedang

Salah satu tombol keyboard tidak berfungsi , biasanya terjadi pada tombol-tombol yang erat dengan kipas pendingin. Misalnya terjadi pada tombol angka atau episode atas.

Solusi Memperbaiki Kerusakan Ringan Pada Keyboard :

  • Segera cabut semua daya dan sambungan pada laptop atau notebook , yakni charger atau baterai sebagai pemasok daya , jikalau tidak maka sangat dikhawatirkan kerusakan akan menyebar pada tombol-tombol yang lain.
  • Lepaskan kabel yang tersambung dengan keyboard.
  • Semprot episode depan dari keyboard dengan air dryer secara merata , dan semprot lebih banyak pada episode tombol keyboard yang tidak berfungsi.
  • Biarkan hingga kering , selanjutnya pasang kembali kabel-kabel yang dilepas termasuk daya charger pada laptop atau baterai.


Ciri-ciri Kerusakan Berat

Jika 50 % tombol keyboard tidak berfungsi atau bahkan tidak ada yang berfungsi. 

Solusi Kerusakan Berat Pada Keyboard

  • Cek terlebih dahulu kabel yang terpasang pada keyboard , dan coba lakukan solusi pada kerusakan ringan dan sedang diatas.
  • Jika masih rusak , maka jalan terakhir anda mampu memilih , apakah mau mengganti keyboard yang rusak , atau menggunakan kyboard eksternal.


Nah demikian Solusi Atasi Keyboard Laptop Atau Notebook Yang Rusak , jadi sebelum anda ke tukang service coba terlebih dahulu solusi diatas.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor