Ini Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor

Pada kesempatan kali ini kembali Oim Info akan membagikan sebuah berita yang pasti diharapkan kalian untuk berguru komputer.

Apa itu? Ya menyerupai judul diatas , Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor. Kenapa Penting? alasannya yaitu menyerupai yang telah dijelaskan pada goresan pena sebelumnya , Cache Memory berfungsi menyimpan sementara , baik kode ataupun data terakhir yang dioperasikan oleh CPU.

Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor


Alasan mengetahui Jenis Cache Memory , khususnya bagi teknisi komputer , tentunya semoga tidak salah memperbaiki kerusakan pada processor.

Ok eksklusif saja , Cache Memory dalam dunia komputerisasi terbagi menjadi tiga , tergantung levelnya.

1. Level One , First Level biasa disingkat dengan L1 Cache

Cache memory pada jenis yang pertama ini merupakan media penyimpanan atau memori pertama kali diakses oleh processor , dikala mencari atau membutuhkan sebuah data.

Cache Memory First Level yang juga biasa disebut dengan primary Cache , terletak berdekatan dengan processor , atau tepatnya berada dilokasi bersahabat dengan blok Control Unit [CU]

Selain itu , data yang berada dalam memory ini biasanya berupa data yang diatur secara otomatis oleh Operating System , dan menjadi yang paling sering diakses dan menjadi prioritas tertinggi [high priority] oleh processor. 

Sementara ukuran kecepatan pada memory ini menggunakan satuan yang sangat cepat yakni nanodetik , atau sepermillyar perdetik.

2. Level Two , Second Level disingkat dengan L2 Cache

Kapasitas yang dimiliki oleh Cache Memory pada jenis ini tentu lebih besar ketimbang L1 , namun untuk urusan kecepatan yang dimiliki lebih lambat dari L1.

Cache Memory jenis Second Level ini akan diakses oleh processor dikala data yang dicari tidak ditemukan pada First Level , dan bila masih tidak ditemukan , maka processor selanjutnya akan meneruskan aksesnya eksklusif ke memory

3. Level Tree , Third Level disingkat L3

Perlu diketahui bahwa cache memory jenis ketiga ini berfungsi sebagai pengontrol susukan yang dilakukan oleh processor terhadap L1 dan L3.

Meski kapasitasnya lebih besr dari first level dan second level , namun untuk kecepatan lebih besar dibandingkan dengan L1 , dan kurang dari L2.

Sebagai catatan , tidak semua processor yang menggunakan L3 ini , hanya processor tertentu , menyerupai dualcore dan quadcore saja yang hingga sekarang menggunakan cache memory third level.

Kesimpulan 

Dari keterangan diatas , terang mampu kita simpulkan beberapa poin inti sebagai berikut :
  1. Ada tiga jenis Cache Memory pada sebuah Processor , yaitu First Level [L1] , Second Level [L2] dan Third Level [L3]
  2. Cache Memory First Level dan Second Level berfungsi menyimpan data yang diharapkan atau dicari oleh processor , sementara untuk third level , berfungsi mengontrol susukan processor pada dua cache memory sebelumnya.


Nah , demikian penjelasan Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor , semoga saja para teknisi komputer yang membaca goresan pena ini mampu lebih paham perihal dunia teknologi komputer. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Paling Mudah Bikin Kontak Keren Di Blog