Cara Mudah Shutdown Windows Dengan Cepat

Keberadaan teknologi yang semakin berkembang , tentu diperlukan bisa menopang kebutuhan insan , bisa meringankan beban pekerjaan.
Seperti pisau bermata dua , sayangnya kemajuan teknologi itu acapkali tidak disertai dengan sikap bijaksana.

Cara Mudah Shutdown Windows Dengan Cepat


Maka , lumrah banyak dari masyarakat kita yang tidak memaksimalkan kecanggihan dan manfaat teknologi , namun justru mereka menjadi terpesona dengan kesenangan semata.

Berbicara salah satu perangkat yang cukup banyak membantu beban pekerjaan dan kebutuhan mansuai , yaitu komputer / PC atau Laptop , bagaimana akhirnya jikalau perangkat ini yang diperlukan mempu menjadi solusi , justru kadang menjadi problem.

Misalnya , dikala kita sedang menggunakan komputer , tiba-tiba kita mendapati duduk perkara atau keperluan , sehingga aktifitas komputerisasi harus segera dihentikan.

Pada dikala yang bersamaan , justru proses Shutdown terlalu lama , sampai-sampai kita mengambil cara pintas dengan menekan tombol ON/ OFF dengan lama , untuk segera mematikan komputer tersebut.

Padahal , ketika sebuah operasi sistem tidak diberi instruki dengan benar , kemungkinan besar akan berakibat adanya error pada data operasi sistem tersebut.

Nah , pada kesempatan kali ini Kang Oim , kembali akan membagikan sebuah solusi untuk mengatasi hal sepele namun bisa menjadi pengahamat besar tersebut.

Bagaimana Cara Shutdown Windows Dengan Cepat?
Sebelum saya bagikan caranya , perlu diketahui proses shutdown atau mematikan komputer memiliki tiga jenis , yaitu :

1. Dengan Cara Sesuai Prosedural

Sesuai prosedural , artinya kita mematikan komputer dengan fitur yang memang disediakan , yakni pada pilihan shutdown yang terdapat pada menu utama


2. Dengan Cara Memaksa

Maksudnya , kita mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur perintah dan isyarat pada komputer , adapun caranya dengan menekan ombol power beberapa dikala , hingga power windows mati.

3. Dengan Cara Tak Sengaja
Maksudnya , proses shutdown secara tiba-tiba , biasanya ini terjadi disebabkan oleh daya yang tiba-tiba hilang. Bisa jadi disebabkan oleh pemadaman listrik , atau ada kabel power yang error.

Untuk proses shutdown kedua dan ketiga tentu memiliki dampak yang tidak baik pada windows , dan dari beberapa sumber , kedua proses ini bisa menimbulkan kinerja windows melambat , bahkan bis terjadi error.

Nah , karena saya tidak ingin membuatkan hal yang sesat , tentu cara yang dimaksud dalam goresan pena ini yaitu poin pertama , yakni cara mematikan / shutdown windows secara prosedural , namun tidak butuh loading yang lama , bagaimana caranya?

Caranya cukup mudah , kali ini saya akan membuatkan trik menggunakan fitur registry yang berada pada windows. Ikuti langkah berikut ini :

Langkah Pertama

Klik star menu , dan ketik run , dan masukkan kata "regedit" , pada kolom pencarian. Untuk windows 10 , anda cukup ketik pada layar desktop , dan ketik regedit , biasanya objek yang dimaksud berjulukan regedit.exe.

Langkah Kedua

Cari goresan pena WaitToKillTimeout , pada HKEY_CURRENT_USER=>Control Panel=>Desktop , selanjutnya klik dua kali dan ganti data value menjadi 1000 , klik OK. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :

cara shutdown cepat pada windows


Langkah Ketiga

Masih pada halaman yang sama , cari HungAppTimeout , Klik dua kali , dan data value menjadi 1000 , klik OK. Lihat gambar berikut :

cara cepat shutdown pada windows dengan registry


Langkah Keempat

Langkah berikutnya pihdah pada halaman lain , silahkan menuju HKEY_LOCAL_MACHINE=>Sistem=>CurrentControlSet=>Control , cari WaitToKillTimeout , Klik dua kalik , dan OK. Perhatikan gambar disini :

cara mempercepat shutdown pada windows



Setelah semua langkah ini simpulan , supaya konfigurasi setting bisa berjalan , silahkan lakukan restart terlebih dahulu , dan coba matikan komputer/ laptop anda.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor