7 Fungsi Flash Disk Selain Sebagai Tempat Penyimpanan Data

Diakui atau tidak , kemajuan teknologi memiliki banyak pengaruh kepada kehidupan masyarakat dunia , mulai cara mereka berkomunikasi (sosial) , cara berbisnis (marketing) , hingga gaya hidup mereka (life style)

7 Fungsi Flash Disk , Selain Sebagai Tempat Penyimpanan Data


Jika dulu orang yang berfoto selfie dianggap abnormal , tidak dengan ketika ini , Selfie sepertinya sudah menjadi ekspresi dominan tersendiri khususnya bagi pengguna smartphone , sampai-sampai ada plesetan gres dalam dunia filsafat , berjulukan "Narxisme"

Masalahnya , mereka akan kesulitan menyimpan foto-foto hasil selfienya , tanpa sebuah media penyimpanan tertentu.

Dan salah satu media enyimpanan data yang paling populer selain SimCard , ialah flash Drive , atau biasa disebut dengan Flash Disk.

Saat ini banyak para pengembang yang meluncurkan produk flash drive , yang bertujuan menunjang kebutuhan penyimpanan data , termasuk file ataupun foto bahkan film favorit.

Wajar flash disk menjadi populer , selain rata-rata size / ukurannya yang cukup kecil , dan mampu dibawa kemana-mana , Flash Disk menjadi pilihan alasannya kapasitasnya yang cukup besar.

Bahkan hingga ketika ini ada pabrikan yang meluncurkan flash drive dengan kapasitas nyaris 1 Tera.

Nah , tahukah and , Flash Disk selain berfungsi penyimpanan data , ternyata ia juga memiliki 7 fungsi lain. apa sajakah itu? berikut Kang Oim bagikan informasinya untuk anda.

7 Fungsi USB Flash Drive/ Flash Disk Selain Tempat Penyimpanan Data


1. Media Menjalankan Aplikasi Portabel

Jika anda tidak ingin memory komputer anda semakin penuh lantaran banyaknya aplikasi yang di simpan dan dijalankan , maka gunakanlah aplikasi portabel , dan jalankan aplikasi tersebut melalui Flash Drive. 

Misalnya , anda mampu menjalankan OpenOffice sebagai ganti dari Office , hanya menggunakan Flash Disk. Caranya cukup mudah , anda mampu men-dowload aplikasi OpeOffice dengan mengunjungi PotabelApps.com.

Pada situs tersebut , anda akan mendapati aneka macam macam aplikasi portabel yang dengan mudah dijalankan melalui flash disk.


2. Booting Operating System

Maksudnya ialah , anda mampu menjalankan sebuah operasi sistem (OS) , hanya bermodalkan Flah Disk , yang didalamnya telah di setting untuk menjadi media booting.

Intinya , ketika ini anda tidak perlu repot-repot instal sebuah operasi sistem menyerupai windows , menggunakan serpihan CD menyerupai pada umumnya. jadi , anda mampu instal windows menggunakan flashdisk dengan mudah

Anda mampu dengan mudah menginstal windows pada komputer menggunakan USB Flash Drive , bahkan anda mampu menghubungkan satu komputer dengan perngkat lain , menyerupai printer ataupun router , menggunakan jaringan wierless.


3. Password Reset Disk 

Jika anda lupa password pada acount windows , anda mampu memanfaatkan USB Flash Disc sebagai Password Reset Disk , semoga password acount windows kita mampu kembali.

Bagaimana caranya? jangan manja , silahkan cari tutorialya di google , dengan menggunakan kata kunci "How To Reset Password With USB Flash Drive"

4. Meningkatkan Performa Windows dengan Pihak Ketiga

Anda ingin mempercepat operasional pada windows 7 atau windows vista? anda mampu menggunakan pihak ketiga , yang terinstal pada USB Flash Drive.

Pihak ketiga yang dimakssud ialah menggunakan ReadyBoost , selain mampu menghemat penggunaan Harddisk , ReadyBoost tentu mampu meningkatkan perfomra Windows.

Cara kerja dari ReadyBost sendiri bekerjsama cukup sederhana. Pada tahapan Ready Boost , Flash Disk atau USB Flash Drive , berfungsi sebagai cache memori embel-embel , yang membantu peran dari Harddisk.

Jika biasanya Hardidisk yang memiliki peran mengelola data dan istruksi menggunakan cache memori di dalamnya , maka dengan ReadyBoost , USB Flash Drive membantu peran harddisk.

Karena USB Flash Drive memiliki tingkat respon yang tinggi pada sistem , maka secara otomatis beban Harddisk semakin ringan. Bagaimana caranya? silahkan browsing di google.


5. Memberi Password Pada Folder

Sesuai dengan fungsi utamanya sebagai media penyimpanan data , Flash Disk juga mampu menunjukkan keamanan pada data yang berada di dalamnya menggunakan Rohos Mni Drive.

Dengan Rohos Mini Drive , anda mampu melindungi folder atau data diam-diam , dengan membenamkan password tertentu.

Cara kerja dari Rohos Mini Drive , ialah menimbulkan kapasitas memory dalam Flash Disk menjadi beberapa bab yang dinginkan dan bersifat diam-diam (secret) , proses ini biasa disebut dengan partisi.

Selanjutnya , hasil paritisi yang telah dirahasiakan dibuatkan sebuah protect tertentu  menggunakan kata sandi diam-diam , sehingga orang lain tidak mampu mengetahui adanya folder yang tersimpan.


6. Menjalankan Website

Apakah anda seorang yang menekuni dunia website , atau sedang membangun dan merancang sebuah website? anda mampu menjalankan website yang sedang anda buat menggunakan USB Flash Drive.

Biasanya , untuk menjalankan Apache , PHP atau MySQL , anda harus menggunakan media penyimpanan internal pada komputer. tapi dengan Server2Go , anda mampu menjalankan perangkat tadi hanya menggunakan Flash Disk. Caranya? silahkan cari tutorialnya di google

7. Operating System Lock / Pengunci Sistem Operasi

Anda ingin menimbulkan Flash Disk sebagai pengunci PC? anda mampu menggunakan sebuah jadwal aplikasi yang berjulukan Predator. Silahkan unduh di alamat ini : http://www.montpellier-informatique.com/predator/en/index.php

Setelah anda berhasil mendownload jadwal tersebut , anda cukup menyetting configurasi yang anda ingingkan.

Bagaimana cara kerjanya? ketika proses instalasi pada Flash Disk sudah selesai , anda mampu menancapkan Flash Disk ke PC / Komputer untuk menghidupkannya , dan jikalau anda cabut , secera otomatis layar komputer , mouse dan kyboard akan berhenti berungsi , dan mampu hidup kembali ketika akan kembali memasukkan Flash Disk tadi.

Kesimpulan


  • Flash Disk tidak hanya berfungsi sebagai media penyimpanan file ataupun data
  • Ada tujuh fungsi lain dari flash disk yang banyak orang tidak mengetahuinya , yakni mampu sebagai media menjalankan aplikasi portabel , booting dari operasi sistem , password reset disk , meningkatkan kinerja PC , sumbangan pada folder dengan password , menjalankan website dan terakhir sebagai pengunci sistem operasi PC

Nah , bagaimana? apakah anda sudah tahu ketujuh Fungsi Flash Disk Selain Sebagai Media Penyimpanan Data tersebut? sebagai embel-embel , saya punya tips jikalau kalian ingin flashdisknya tetap abadi , saran saya , hindari tujuh hal , semoga flashdisk tetap awet. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor