Pengenalan Harddisk dan Jenis-jenisnya

Seorang teknisi komputer tentu tidak hanya cukup mengetahui cara mengoperasikan kegiatan aplikasi komputer.

Pengertian Harddisk dan Jenis-jenisnya


Disisi lain ia harus juga paham betul kondisi fisik dari setiap alat yang terpasang di dalam komputer tersebut.

Tujuannya , semoga seorang teknisi tersebut selanjutnya memahami cara kerja masing-masing komponen dari komputer , dan bisa mengatasi segala macam masalah jikalau terjadi error atau kerusakan.

Salah satu komponen penting yang haris diketahui ialah "Harddisk". Nah , Apa Itu Harddisk? Dan apa saja jenis-jenis harddisk? , dua pertanyaan ini sangat penting bagi kalian yag menggeluti di dunia teknologi komputer. Kali ini Kang Oim akan membagikan informasinya buat kalian.


Apa itu Harddisk?

Harddisk sndiri merupakan sebuah media yang berfungsi menyimpan sejumlah kumpulan data , yang mana data tersebut dipanggil dikala sebuah perangkat dihidupkan dan kegiatan aplikasi atau software di operasikan.

Maksudnya , dikala kita menghidupkan komputer , dan menjalankannya , maka hardisk berfungsi menyimpan pengoperasian kegiatan aplikasi aau software tersebut.


Apa Saja Jenis Harddisk?

Berdasarkan interface , harddisk sendiri bisa dibedakan dalam tiga jenis , yaitu :

Integrated Device Electronics atau disingkat dengan IDE

IDE sendiri biasanya dikenal dengan istilah ATA , atau Advance Technology Attachment , yang mana harddisk ini mrupakan interface dengan controller yang terintegrasi di dalamnya.

Selanjutnya design Harddisk ATA ini dikembangkan menjadi ATA-2 , Ultra ATA yang tentunya terdapat beberapa kelebihan dibanding sebelumnya.

Diantaranya , Harddisk ATA-2 ataupun Ultra ATA memikili kemampuan untuk memperlihatkan sejumlah gosip kerakteristik harddisk guna keperluan plug and play , dan peningkatan kecepatan access.

Selain dikenal dengan istilah ATA , harddisk ini juga biasa disebut dengan PATA , atau Parallel Advance Technology Attachment. hal ini dikarenakan sistemnya menggunakan parallel.

Berkenaan dengan kecepatan access , hardisk jenis IDE menggunakan istilah satuan RPM atau Rotaion Per Minute , artinya kecepatan putar plat dihitung permenitnya.

Rata-rata Harddisk dengan jenis IDE ini , menggunakan kecepatan antara 3600 RPM , 5400 RPM sampai 7200 RPM.

Nah , untuk mengoperasikan harddisk ini dengan motherboad , ialah menggunakan kabel dengan data 40 pin dan 80 pin. dan setiap kabel , memiliki dua piranti yakni master dan solve.

Serial Advance Technology Attachment disingkat SATA

Harddisk jenis ini dibedakan dari sisi pemasangannya dalam satu kabel SATA , yang hanya dapat digunakan untuk koneksi satu buah harddisk saja.

Dengan cara pemasangan ini , bandwidth transmisi lebih cepat dibandingkan dan maksimal dibandingkan dengan jenis PATA.

Perbedaan lain antara jenis PATA dan SATA , harddisk jenis SATA menggunakan kabel power untuk catut daya , hal ini tidak ada pada jneis PATA.

Nah , sebagai tips saja , jikalau port pada mothrboard tidak mencukupi , anda bisa menggunakan SATA Expander.

Small Computer System Interface atau SCSI

Harddisk jenis ini bisanya digunakan pada perangkat komputer yang dijadikan server , dan untuk mengoperasikannya tidak membutuhkan kabel ibarat pada jenis PATA dan SATA.

Pengguna cukup mamsang sebuah kartu suplemen [I/O Card] , untuk menghubungkan antara harddisk dengan motherboard.

Kesimpuan 

  • Hardisk sebagai media penyimpanan data awal pada perangkat.
  • Ada tiga Jenis Harddisk , yaitu 1) Integrated Device Electronic atau IDE , atau diistilahkan dengan ATA dan PATA , 2) Serial Advance Tecnology Attachment atau SATA dan 3) Small Computer System Interface atau ICSI


Nah , itulah pengertian hardisk serta jenisnya yang bisa dibagikan , semoga gosip ini bermanfaat dan semakin menambah wawasan kita perihal teknologi komputer.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor