Empat Media Penyimpanan Data Pada Komputer

Berbicara wacana komputer memang tidak ada habisnya , perangkat tersebut ketika ini semakin berkembang pesat , dan hampir bisa kita temukan disetiap sudut perkantoran , perumahan dan lain sebagainya.

Empat Media Penyimpanan Data Pada Komputer


Peranannya sangat signifikan baik dalam urusan ekonomi , perkantoran , pembelajaran , entertaiment , hiburan , bahkan ketika ini dijadikan media berniaga.

Meski perkembangannya semakin pesat , tidak semua pengguna / user tahu , fungsi beberapa komponen komputer.

Hal ini disebabkan mereka lebih senang menggunakan komputer tanpa mau tau komponen apa saja yang tolong-menolong digunakan komputer.

Akibatnya ketika ada kerusakan pada komputer , mereka tidak mengidentifikasi asal kerusakannya , solusinya mereka bergegas membawa komputer ke empat service. Imbasnya? harus merogoh kocek dalam-dalam.

Misalnya , komponen penyimpanan data , tidak semua pengguna yan tahu bahwa pada perangkat komputer tolong-menolong ada 4 media penyimpanan , yaitu harddisk , floppy , Optical Disc dan USB Flash Drive , atau biasa diistilahkan dengan Flash Disk. betul kan?

Dari latar belakang ini , Kang Oim kembali akan menunjukkan penjelasan berkenaan media penyimpanan data pada komputer , tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami.

Media Penyimpanan Data Pada Komputer

Media Penyimpanan data atau storage media , memiliki tugas yang sangat penting , karena tanpa media ini data baik itu berupa file , instalasi ataupun isyarat tidak bisa dijalankan pada komputer tanpa adanya storage ini.

Secara fisik storage media pada komputer dapat dibedakan menjadi empat , yaitu :


1. Harddisk

Harddisk merupakan daerah penyimpanan data awal , ketika pertama kali komputer melaksanakan booting atau dioperasikan. Processor selanjutnya akan memanggil data yang berada didalam harddisk ini.

Harddisk terbagi menjadi tiga jenis , yaitu

  • IDE (Integrated Device Electronic) biasanya disebut ATA (Advance Technology Attachment) , selanjutnya disebut juga dengan PATA (Parallel Advnce Technology Attachment)
  • SATA (Serial Advance Technology Attachment)
  • SCSI (Smal Computer System Interface)

2. Floppy

Dikalangan masyarakat , Floppy biasanya dikenal dengan istilah disket , yang mana merupakan salah satu jenis dari media penyimpanan pada komputer.

Didalam floppy ini , terdapat snotch pengaman yang disebut dengan write protection , yang berfungsi sebagai pelindung dari editing dan perubahan data.

Ditahun media penyimpanan floppy ini sangat terkenal , dan pada umumnya floppy yang digunakan berkapasitas 1.44 MB.

Macam-macam Floppy Media Storage

MacamPenyimpanan Data
5.25 Inchi160 Kb
3.5 Inchi720 dan 1.44 MB

3. Optical Disc

Optical Disc merupakan jenis media penyimpanan data berupa piringan yang menggunakan materi khusus , yang bisa dibaca dan di tembus oleh sinar tertentu atau laser.

Dilihat dari macamnya , Optical Disc dibedakan menjadi tiga macam , yang akan dijabarkan pada tabel berikut ini :

a. Compact Disc (CD)
Adalah smedia penyimpanan yang berupa piringan , dan dapat dijalankan pada perangkat berupa CD-ROM Drive.

Dahulu CD-ROM tidak bisa ditulis atau di edit secara berualng kali atau biasa diistilahkan dengan read only.

Namun pada perkembangan selanjutnya CD-ROM sudah bisa ditulis berulang kali atau Re-Write , dan jadinya dikenaal dengan CD-RW

Kapasitas penampungan data berkisar 700 MB , dengan kecepatan transfer n X 150 MB/s. Nilai n , yaitu nilai kecepatan yang tertulis pada CD-ROM.

Pada CD-RW , nilai kecepatannya semakin meningkat , dengan pilihan 52X-24X52X , yang mana 52X merupakan nilai dari kecepatan baca , 24X yaitu nilai kecepatan tulis , sementara 52Xadalah kecepatan goresan pena baru.

b. Digital Versatile Disc (DVD)
DVD yaitu salah satu jenis penyimpanan data berupa Optical Disc yang mengandung kapasitas penyimpanan sekitar 4.7 GB , hal ini tenu lebih besar 5 kali lipat dibandingkan CD-ROM atau CD-RW

Untuk membaca data pada DVD yang memiliki nilai transfer data sebesar 4X , 8X , 12X serta 16 X ini , pengguna harus menggunakan DVD-ROM Drive.

Pada DVD tidak semua bisa digunakan untuk editing dan penulisan kembali , hanya pada DVD-RW saja yang mendukung akomodasi penulisan kembali , sementara DVD-R , tidak bisa.

c. Blu-Ray Disc
Blu-ray Disc merupakan format cakram optik , yang memiliki kegunaan untuk menyimpan data digital dengan kualitas tinggi (High Quallity).

Sering dengan film dengan kualitas Blu-Ray? nah , tolong-menolong Blu-ray ini diambil dari nama laser berwarna biru bersampur ungu , yang berfungsi membaca serta editing cakram disc.

Tentu kapasitas yang dimiliki oleh Blu-ray Disc jauh dibandingan jenis Optical Disc sebelumnya (CD dan DVD). Blu-ray disc ketika ini ada yang bisa menampung data sampai 50 GB.

Untuk menggunakan Blu-ray Disc , pengguna harus menggungan Blu-ray ROM Drive , dan perlu dicatat keepatan yang dihasilkan tolong-menolong tidak jauh berbeda dengan DVD , serta fiturnya-pun juga sama , yakni selain bisa membaca dan menulis , pengguna juga bisa melaksanakan proses editing.

4. USB Flash Drive / Flash Disk

Untuk jenis penyimpanan data yang ke-empat ini pasti sudah populer dikalangan user , selain memiliki kelebihan ringan , kecil , mudah dibawa , kapasitasnya juga sangat besar , bahkan ada USB Flash Drive yang memiiki kapasitas sampai 512 GB.

Sebenarnya USB Flash Drive atau biasa kita kenal dengan Flash Disk , yaitu alat penyimpanan data dengan tipe NAND. Untuk mengoperasikan jenis media storage ini , diharapkan alat penghubung yang terintegrasi.

Meski USB Flash Drive memiliki banyak kelebihan , namun karena teknologi yang digunakan yaitu model kilat , maka umur USB Flash Drive cendrung tidak bertahan lama , yakni sekitar 5 tahunan.


Kesimpulan :


  1. Media Penyimpanan pada komputer , ada empat jenis , yaitu Hardidisk , Floppy , Optical Disc , dan USB Flash Drive atau FlashDisk
  2. Saat ini sudah tidak banyak yang menggunakan Floppy sebagai penyimpanan data.
  3. Optical Disc berjumlah tiga macam , yaitu CD (CD-ROM/ CD-RW) , DVD dan Blu-ray Disc
  4. USB Flash Drive memiliki banyak keistimewaan diantaranya kapasiatanya yang sangat besar , meski ukurannya bisa sangat kecil , namun umurnya tidak lama , hanya sekitar 5 tahunan.


Nah , demikian penjelasan Empat Media Penyimpanan Pada Komputer yang pasti banyak dari kalian yang belum mengetahuinya , jadi tentu goresan pena ini bisa dijadikan acuan khususnya bagi kalian yang sedang mempelajari komputer.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor