Apakah Processor Itu? Ini Jawabannya

Processor merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat , termasuk di dalam computer. Tanpa processor computer tidak akan mampu difungsikan. Lantas apakah Processor itu? Beriku ini kami bagikan informasinya buat anda.

Apakah Processor Itu? Ini Jawabannya


Selain itu evolusi generasi-generasi processor semakin hari semakin berkembang , yang tentunya dengan performance yang semakin handal , serta semakin tinggi tingkat kerumitannya.

Sehingga pengetahuan wacana Processor dianggap sangat penting khususnya bagi kalian yang sedang menggeluti dunia teknologi informatika atau komputer serta 

Definisi Processor / Prosesor

Processor [Prosesor dalam Bahasa Indonesia] , merupakan sentra pengendali computer yang terhubung dengan komponen lain. 

Salah satu fungsinya , semoga antar komponen dapat bekerja sama antara satu komponen dengan komponen yang lain.

Komponen Di Dalam Processor

Perlu diketahui bahwa Processor dibuat menggunakan teknologi silicone , yang mana didalamnya berisi beberapa komponen antara lain Chip , Transistor , dan lain sebagainya.

Jika dahulu ukuran silicone yang digunakan cukup tebal , namun untuk zaman sekarang ukurannya hanya setebal 32 nano meter.\

Hal ini dikarenakan semakin tipis silicone , maka bsa lebih mengurangi panas , power yang semakin kecil , dan tentunya peningkatan kinerja yang semakin signifikan , alasannya ialah akan lebih banyak komponen lain yang mampu digunakan.

Ukuran Processor

Adapun ukuran dalam processor ialah menggunakan Mega Hertz (MHz) dan Giga Hertz (GHz) yakni hitungan kecepatan dalam mengelola data/ informasi.

Seperti yang disinggung diatas , bahwa perkembangan processor semakin sehari semakin berkembang pesat.

Dan perlu dicatat , khusus di dunia  Komputer ketika ini ada dua kekuatan Utama processor yang selalu bersaing , yaitu Intel dan AMD (Advance Micro Devices)

Selain kedua brand processor diatas , dilihat dari penggunaannya , processor terbagi menjadi dua , yaikni menggunakan Slot , dan menggunakan socket.

Rata-rata Processor Pentium II , Celeron dan Pentium III generasi Awal , masih menggunakan slot. 

Baru setelah generasi Pentium III awal , Intel menggantinya dengan socket. Hal ini dikarenakan biaya produksi menggunakan slot yang semakin tinggi.

Langkah tersebut ternyata diikuti oleh AMD , yang awalnya menggunakan slot , mereka ketika ini menggunakan socket utuk menanamkan  processornya pada motherboard.


Lebih Tangguh Mana Intel Atau AMD?

Tentu tidka mudah menjawab pertanyaan tersebut , alasannya ialah masing-masing brand memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun yang pasti , Processor yang diproduksi oleh kepetangan , dikenal lebih stabil dan memiliki kinerja lebih baik.

Akan tetapi , Processor produksi AMD versi tertentu terkadang kualitasnya melebihi Intel , dengan harga yang relative murah.

Hanya saja , AMD dikenal memiliki kelemahan yang tidak dimiliki Intel , yakni cepat panas ketika dioperasikan.

Nah , jikalau anda masih bertanya Apakah Processor Itu? Maka dibutuhkan goresan pena ini mampu menjadi tanggapan pertanyaan anda tersebut. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor